Minggu, 27 Maret 2011

Berbagai macam Spek PC


Kebutuhan untuk memiliki sebuah komputer saat ini sudah menjadi kebutuhan yang lumayan utama. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan saat kita memilih spek sebuah komputer untuk kebutuhan bisnis besar, bisnis standart dan bisnis kecil atau perorangan. Tetapi untuk menyesuaikannya harus terlebih dahulu mengetahui beban kerja komputer yang akan digunakan. Contohnya; jika memilih sebuah komputer untuk seorang administrasi tidak diperlukan sebuah spek komputer dengan performa yang tinggi dan komponen tambahan, seperti drive DVD, kemampuan grafis yang tinggi dan sound card.

Tetapi beda dengan seorang tenaga desain grafis atau animator dan seorang gamers yang pasti membutuhkan spek komputer dengan performa yang tinggi dengan kapasitas memori yang besar, kemampuan grafis card yang tinggi dan kebutuhan multimedia yang menunjang pekerjaan grafis dan permainan game yang sudah menggunakan standart 3 dimensi saat ini.

Kita harus mengetahui klasifikasi komputer agar kita dapat menyesuaikan anggaran dan kebutuhan tentang komputer apa yang akan kita pakai nantinya.Berikut ini adalah gambaran mengenai klasifikasi komputer berdasarkan kerjanya.
Jenis-jenis klasifikasi komputer sedikitnya ada 3 macam, yakni
a. Kelas High Performance ( jenis ini yang pasti menggunakan komponen-komponen yang relatif tinggi dan mahal karena akan digunakan untuk pekerjaan multimedia dan para gamers yang berbasis 3 dimensi.),
b. Kelas Medium Performance (banyak digunakan oleh perusahaan besar dan menengah untuk pengolahan data kerjanya. Perusahaan-perusahaan IT Programming banyak menggunakan dan memanfaatkan kinerja komputer jenis ini dalam membantu aktivitas kerjanya. Atau bisa juga digunakan oleh perorangan yang punya hoby design standard dan gamers standart yang tidak membutuhkan kategori spek PC yang High-Tech.), dan yang terakhir adalah

c.Kelas Basic Performance (banyak digunakan oleh perusahan kecil untuk kepentingan administrasi dan perorangan yang hanya digunakan untuk pengetikan serta perhitungan standar saja.tetapi tidak menutup kemungkinan untuk digunakan oleh seorang programming yang menggunakan aplikasi-aplikasi yang standar, serta game yang standar atau low).
Namun sebagai gambaran lain mengenai spesifikasi komputer yaitu,
1. Komputer Kantor
Pada umumnya, komputer untuk kebutuhan kantor hanya digunakan untuk mengetik, menjalankan aplikasi kantor, dan browsing internet, sehingga tidak membutuhkan spesifikasi terlalu bagus. Memori yang dipakai juga menengah saja, sekitar 1 GB. Sedangkan untuk VGA dan Soundcard cukup on board fasilitas motherboard.
2. Komputer Multimedia
Komputer multimedia merupakan komputer yang lebih menonjolkan sisi hiburan. Biasanya komputer seperti ini memiliki kualitas gambar dan suara yang seimbang. Berikut ini adalah spesifikasi minimal komputer yang cocok digunakan untuk keperluan multimedia. Besar memori hampir sama dengan komputer kantor, namun untuk Motherboard, VGA, an Sound card-nya harus ditambah (misal VGA card : GeForce 7200 atau Radeon X 1550 dan Sound card : Creative Sound Blaster 5.1. Untuk keperluan monitor dapat memakai layar LCD untuk menunjang kualitas gambar.
3. Komputer Warnet
Komputer warnet harus memiliki daya tahan yang tinggi, karena komputer ini biasanya digunakan dalam jangka waktu yang lama. Setelah seorang pelanggan warnet selesai menggunakan sebuah komputer, bisa jadi komputer itu langsung digunakan kembali oleh pelanggan yang lain. Komputer tipe ini tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi, karena biasanya digunakan untuk mengetik, chatting, dan browsing internet, tetapi harus memiliki ketahanan fisik yang cukup baik. Berikut ini adalah spesifikasi minimal komputer yang cocok digunakan untuk warnet. Motherboard bias memakai soket LGA 775 (dapat menggunakan seri Intel DG31GL/B). Untuk VGA dan Sound card dapat memakai on board fasilitas motherboard.
4. Komputer Multiplayer Game
Komputer ini digunakan untuk menjalankan aplikasi game, sehingga harus memiliki kualitas gambar yang baik, dan harus didukung dengan koneksi internet yang baik pula, karena sekarang banyak gamers yang memainkan game online. Spesifikasinya termasuk kelas menengah dan komputer ini harus memiliki daya tahan yang baik. Berikut ini adalah spesifikasi minimal komputer yang cocok digunakan untuk multiplayer game.
a. Prosesor : Intel Pentium E5200 Core Duo 2,5 GHz.
b. Motherboard : soket LGA 775, dapat menggunakan seri MSI 945GCM7 atau GIGABYTE GA-G31M-S2L.
c. Memori : DDR2 2 GB.
d. VGA GeForce 7200 atau Radeon X 1550.
e. Sound card : on board fasilitas motherboard.
f. Harg disk : 250 GB.
g. Monitor : CRT 17”.
h. Casing : Simbadda Simcool.
i. Keyboard + Mouse : Logitech.
j. Speaker : Logitech S-150.
k. Aksesoris : -
l. Perkiraan Harga : Rp4.300.000 – Rp4.600.000.
5. Komputer Game
Selain dapat dimainkan di rental mulitplayer, game juga dapat dimainkan dikomputer sendirii. Game merupakan salah satu kebutuhan yang menjadi masalah besar bagi pengguna komputer, karena untuk dapat memainkan game dengan nyaman, semua komponen komputernya harus memiliki kualitas yang baik, terutama VGA card-nya. Semakin baik VGA card yang digunakan, semakin banyak pilihan game yang dapat dimainkan. Hal ini membuat anggaran yang dibutuhkan untuk membuat atau merakit komputer game terbilang mahal.
6. Komputer Server
Server merupakan suatu komputer yang digunakan untuk mengontrol akses pada sebuah jaringan. Server juga menjadi sebuah induk program yang terpusat. Spesifikasi utama yang dibutuhkan oleh komputer server adalah kapasitas prosesor, memori, dan hard disk. Karena digunakan selama 24 jam tanpa henti, komputer server harus didukung dengan sistem pendingin yang baik. Berikut ini adalah spesifikasi minimal komputer yang cocok digunakan sebagai server. Kapasitas memori dapat memakai 2 x jenis DDR2. Sedangkan kebutuhan hard disk juga harus berkapasitas besar, minimal saat ini sebesar 500 GB. Dan yang penting adalah aksesoris berupa pendingin, yang dapat memakai jenis Cooler prosesor Thermal take.
7. Komputer Grafis
Komputer in biasa digunakan oleh orang yang menekuni bidang desain grafis. Wajar jika komputer tipe ini memiliki spesifikasi yang high end (tinggi), karena program-program grafis membutuhkan hardware dengan spesifikasiyang tinggi pula, agar dapat dioprasikan dengan lancar. . Jenis prosesor yang dipakai harus bertipe kinerja tinggi untuk mendukung multitasking. Kebutuhan lain pun harus diperhatikan, karena harus memakai memory yang cukup besar dan ditambah jenis VGA yang tinggi kualitas kerjanya. Selain itu tambahan pendingin juga perlu dibutuhkan untuk jenis komputer grafis yang dipakai secara marathon.
Pada akhirnya kita harus memiliki perencanaan yang matang saat kita ingin membeli komputer. Sehingga kita nantinya tidak kecewa dengan hasil yang kita dapatkan. Pengetahuan tentang hardware juga mutlak dibutuhkan. Namun pengetahuan tentang cara mengombinasikan dan memilih komputer yang sesuai dengan kebutuhan juga tak dapat dilupakan.

Bisa dijadikan referensi bila anda ingin membeli PC, yang pastinya harus disesuaikan dengan kebutuhan masing2 smiley_beer

sumber : devilzc0de.org

2 komentar:

Anonim mengatakan...

nice info :)

ANTOKH SULIS mengatakan...

goblok! specnya oi bukan narasi nya... (spec Design Grafis terutama)

Posting Komentar