Sabtu, 31 Oktober 2009

Warnet Diberdayakan Jerat Penjahat Cyber

jaman semakin maju penjahat juga makin canggih ...Aksi kriminal ataupun keisengan di dunia maya sering kali dilakukan dari warung internet (warnet). Jadi tak heran, jika ingin menghentikan aksi ini, pihak berwajib harus beroperasi dengan menggandeng pemilik warnet.

Cara yang dipakai polisi juga tak harus menugaskan pemilik warnet untuk mengawasi satu-satu para pengunjungnya. Namun hanya perlu meminta pemilik warnet untuk menginstal sebuah software 'mata-mata'.

Seperti yang dilakukan kepolisian Bangalore, India. Dengan menggunakan software bernama 'Click-Cyber Cafe Manager' ini, mereka bisa mendapatkan jejak rekam digital dari para pengguna komputer di warnet.

Data tersebut bisa berupa ke halaman situs apa saja yang mereka kunjungi, apa yang mereka lakukan, hingga seperti apa wajah si pengunjung warnet tersebut.

Dikutip detikINET dari Times of India, software besutan Ideacts Innovations ini bisa didapat secara gratis oleh para pemilik warnet. Tujuannya adalah untuk membuat semacam database dari pengguna internet di wilayah tersebut.

Data itu nantinya bisa digunakan untuk melakukan pelacakan ketika terjadi tindak kriminal cyber seperti ancaman -- baik itu bom atau untuk seseorang -- lewat email, penyebaran hoax, konten mesum dan lainnya.

Untuk menjalankan misi ini, kepolisian Bangalore bersama Ideacts Innovations akan membuat sosialisasi lewat suatu pertemuan dengan ratusan pemilik warnet. source:detik net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar